Fakultas Biologi Bangun Kekeluargaan Melalui Halal Bihalal

JAKARTA (UNAS) – Usai melewati bulan suci Ramadhan 1440 H, Fakultas Biologi Universitas Nasional (UNAS) melangsungkan halal bihalal, pada Kamis (20/06) di Aula UNAS Blok I Lantai IV. Mengusung tema ‘Membangun Kekeluargaan dengan Saling Memaafkan dalam Suasana Fitri’, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, staff, dan juga alumni dari Fakultas Biologi. Dalam sambutannya, ketua Rohani Islam Fakultas Biologi, Ahmad Habib Nur Fikri mengatakan, meskipun bulan suci Ramadhan sudah berakhir, tetapi hikmah di bulan tersebut tidak berakhir dengan dilakukannya halal bihalal. “Setelah puasa selama sebulan penuh marilah kita menjaga dan menyucikan diri kita dengan saling memaafkan,” jelas mahasiswa biologi itu.

Hadir sebagai penceramah, Ketua Pusat Pengajian Islam UNAS, Dr. Fachruddin Mangunjaya mengatakan, setiap orang wajib menjaga hubungan yang baik sesama manusia lainnya maka perlu dilangsungkan halal bihalal.“Hubungan kita dengan Allah jalannya adalah berdoa dan bertaubat jika berbuat salah, namun, jika berbuat salah dengan manusia, selain bertaubat kepada Allah, kita juga wajib untuk meminta maaf langsung kepada orangnya. Momen silaturahmi inilah yang bisa kita manfaatkan untuk saling memaafkan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak,” ungkapnya. Ia melanjutkan, momen silaturahmi ini juga harus dilakukan dengan penuh keikhlasan hati dan kelapangan dada. Fachruddin juga berharap, silaturahmi juga bisa mengambalikan suasana diri untuk kembali ke fitrah.

Sementara itu, Dekan Fakultas Biologi Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.Si. mengatakan, dengan bersilaturahmi, maka kekeluargaan diantara fakultas biologi bisa terus dipelihara. Senada dengan Fachruddin, menurutnya, untuk kembali ke fitri seseorang tidak cukup hanya berdoa kepada Allah tetapi juga saling meminta maaf kepada manusia lainnya.

“Dengan halal bihalal ini, kita bisa saling meluangkan waktu untuk saling bersilaturahmi dan saling memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh civitas akademika fakultas biologi,” tuturnya. Kegiatan rutin ini diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.#NIS

 

Sumber: https://www.unas.ac.id/berita/fakultas-biologi-bangun-kekeluargaan-melalui-halal-bihalal/

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.