Profile

PROFIL PRODI BIOLOGI

FAKULTAS BIOLOGI – UNIVERSITAS NASIONAL

JAKARTA

 

Akreditasi A

(Keputusan BAN PT No. 018/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2006;

Keputusan BAN PT No. 012/BAN-PT/Ak-XV/S1/V/2012)

Keputusan BANPT No. 2000/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

I. Pengantar

Perlahan tapi pasti, bumi kita mengalami kerusakan tanpa henti karena ulah manusia. Penebangan dan pembakaran hutan yang tak terkendali serta pencemaran lingkungan telah membawa bencana tak berkesudahan. Pemanasan global dan perubahan iklim telah terjadi. Tanah longsor dan banjir menjadi langganan di musim penghujan, tetapi mengalami kekeringan di musim kemarau. Sumberdaya alam (hayati dan nirhayati) terus menipis sebagai modal dasar dalam pembangunan, yang menjadi kerugian bagi kita semua. Semua itu dikarenakan langkah-langkah pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan dan belum diterapkannya konsep pembangunan berkelanjutan.

Walaupun upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan sumber daya alam telah dilakukan, namun belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal itu disebabkan kurangnya kesadaran serta masih minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang karakteristik lingkungan, serta dampak suatu kegiatan bagi kehidupan manusia.

Biologi, selain mempelajari tentang mahluk hidup, juga mempelajari kondisi lingkungan ideal dan dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan termasuk kesehatan manusia. Oleh karenanya, peranan biologi mutlak diperlukan pada saat ini dan masa depan agar kualitas hidup manusian lebih terpelihara.

Berdasarkan pemahaman tersebut, Program studi Biologi – Fakultas Biologi – Universitas Nasional, sebagai Fakultas Biologi tertua di Indonesia yang didirikan pada 1949, terus berbenah dari waktu ke waktu. Proses perkuliahan serta pengembangan konsentrasi studi untuk membina sumberdaya manusia diarahkan untuk menjawab tantangan pemanfaatan kekayaan alam untuk peningkatan kualitas hidup manusia dan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

II. Visi dan misi

Visi

menjadi program studi biologi terkemuka di Indonesia dalam bidang biologi konservasi, biologi industri dan biomedik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan pada tahun 2018.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkarakter dalam bidang biologi konservasi, biologi industri dan biomedik dengan menerapkan standar pendidikan nasional;
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis kebutuhan masyarakat dan lingkungan, yang didesiminasikan pada tingkat nasional serta internasional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia agar lebih peduli terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat

III. Konsentrasi studi

  • Biologi konservasi dan lingkungan
  • Biologi industri
  • Biomedik
  • Biologi kelautan dan ilmu perairan (akan dibuka kalau peminat minimal satu kelas / 20 orang)

IV. Fasilitas

Ruang kuliah full-AC, LCD Projector dan komputer di setiap kelas, Perpustakaan Umum, Pusat Informasi Ilmiah (PII) Biologi, Sistem Infrormasi Manajemen online, Laboratorium (Lab. Botani, Lab. Zoologi, Lab. Kimia, Lab. Mikrobiologi dan Genetika, Animal House), Stasion Penelitian (Tuanan Kalteng, kerjasama dengan Zurich Univ. Swiss, Rutgers Univ. USA, dan BOS Foundation; Suaq Sumut, kerjasama dengan Zurich Univ. Swiss).

V. Beasiswa

Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Nasional mendapat beasiswa, antara lain dari Diknas (Bantuan Belajar Mahasiswa/BBM, Peningkatan Prestasi Akademik/PPA, Bidik Misi/khusus bagi program studi dengan akreditasi A, beasiswa dari instansi masing-masing terutama Depkes, dan beasiswa dari Pemda, dll.). Fakultas Biologi bekerjasama dengan Zurich University sudah lebih dari 10 tahun memberi beasiswa kepada lulusan Fakultas Biologi untuk studi lanjut ke Pascasarjana (S2 dan S3); dan sejak 2 tahun ini Rutgers University juga memberi beasiswa studi lanjut ke S2 dan S3 bagi lulusan berprestasi dalam bidang konservasi dari Fakultas Biologi Universitas Nasional.

VI. Kerjasama

Fakultas Biologi telah dan masih membina kerjasama antara lain dengan Uniprep Australia, Utrech University Netherland, Departmen of Anthropology and Geography, Oxford Brookes University – UK, DICE – Kent University – UK, Malaya Universiti, Universitas Kebangsaan Malaysia, Duke University – Durham USA, Zurich University Switzerland, Rutgers New Jersey State University USA, Great Apes Trust of Iowa (GATI) – USA, NAGAO Foundation – Japan, Zoological Society of London – UK, Yayasan Orangutan Indonesia (YAYORIN), Fauna&Flora International, WWF-IP, BirdLife-IP, Orangutan Foundation (OF-UK), Forum Orangutan Indonesia (FORINA), Forum HarimauKita, BOS Foundation, serta dengan berbagai instansi dalam negeri.

VII. Dinamika mahasiswa

Aktifitas perkuliahan dalam kelas secara berkala menerapkan metode Student Centered Learning (SCL), proses pembelajaran yang terpusat kepada mahasiswa dengan dukungan fasilitas multimedia dan internet. Mahasiswa Fakultas Biologi juga mempunyai kegiatan rutin tahunan (dalam bimbingan dosen) berupa :

  • Kunjungan Ilmiah (KI) ke instansi-instansi yang terkait pengembangan biologi; hasil disusun dalam suatu makalah yang dipresentasikan dalam seminar khusus;
  • Introduksi Kehidupan Lapangan (IKL) untuk memperkenalkan dan pelatihan dasar aktivitas di lapangan;
  • Pengenalan Dasar Lapangan (PDL) ke alam bebas untuk orientasi keilmuan biologi dan;
  • Studi Biologi Lapangan (SBL) untuk latihan penelitian dan sosialisasi dengan masyarakat; hasil penelitian kelompok disusun dalam suatu makalah dan dipresentasikan dalam seminar khusus.

Mahasiswa juga mempunyai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat serta membangun profesionalisme dalam suatu disiplin ilmu tertentu melalui Kelompok Studi dan Bidang Minat (masing-masing dibina oleh seorang dosen), yaitu

  • Bidang Minat Entomologi
  • Bidang Minat Herpetofauna
  • Biological Bird Club (BBC) “Ardea”
  • Biological Diving Club (BDC)
  • Bioflora
  • Biosfor (Bioteknologi Student Forum)
  • Forum Studi Primata (FSP) “Lutung”
  • Kelompok Studi Ekologi Perairan (KSEP)
  • Kelompok Studi Penyu Laut (KSPL) “Chelonia”
  • Marine Conservation Club (MCC)