Profil

PROFIL PRODI BIOLOGI

FAKULTAS BIOLOGI – UNIVERSITAS NASIONAL

JAKARTA

 

Akreditasi A

(Keputusan BAN PT No. 018/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2006;

Keputusan BAN PT No. 012/BAN-PT/Ak-XV/S1/V/2012)

Keputusan BANPT No. 2000/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

 

Perlahan tapi pasti, bumi kita mengalami kerusakan tanpa henti karena ulah manusia. Penebangan dan pembakaran hutan yang tak terkendali serta pencemaran lingkungan telah membawa bencana tak berkesudahan. Pemanasan global dan perubahan iklim telah terjadi.  Tanah longsor dan banjir menjadi langganan di musim penghujan, tetapi mengalami kekeringan di musim kemarau.  Sumberdaya alam (hayati dan nirhayati) terus menipis sebagai modal dasar dalam pembangunan, yang menjadi kerugian bagi kita semua.  Semua itu dikarenakan langkah-langkah pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan dan belum diterapkannya konsep pembangunan berkelanjutan.

Walaupun upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan sumber daya alam telah dilakukan, namun belum menunjukkan hasil yang menggembirakan.  Hal itu disebabkan kurangnya kesadaran serta masih minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang karakteristik lingkungan, serta dampak suatu kegiatan bagi kehidupan manusia.

Biologi, selain mempelajari tentang mahluk hidup, juga mempelajari kondisi lingkungan ideal dan dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan termasuk kesehatan manusia.  Oleh karenanya, peranan biologi mutlak diperlukan pada saat ini dan masa depan agar kualitas hidup manusian lebih terpelihara.

Berdasarkan pemahaman tersebut, Program studi Biologi – Fakultas Biologi – Universitas Nasional, sebagai Fakultas Biologi tertua di Indonesia yang didirikan pada 1949, terus berbenah dari waktu ke waktu.  Proses perkuliahan serta pengembangan konsentrasi studi untuk membina sumberdaya manusia diarahkan untuk menjawab tantangan pemanfaatan kekayaan alam untuk peningkatan kualitas hidup manusia dan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.