Sejarah

Pendirian Fakultas Biologi Universitas Nasional (Fabiona) dilakukan bersamaan dengan pendirian Universitas Nasional (tahun 1949) yang menjadi Universitas tertua di Jakarta dan kedua tertua se-Indonesia. Dalam perkembangannya, Akademik Nasional dengan lima fakultas, termasuk Fakultas Biologi, berubah menjadi Universitas Nasional.  Hingga saat ini, Universitas Nasional tetap bertahan diantara persaingan yang semakin banyak universitas swasta yang ada di Jakarta, terutama Fakultas Biologi.

Upaya peningkatan status Fabiona tidak hanya dilakukan secara administrasi tetapi juga berdasarkan perkembangan keilmuan. Sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat, serta untuk mengantisipasi percepatan perubahan di era globalisasi dan komunikasi yang bermuara pada eksistensi Program Studi Biologi/Fakultas Biologi di masa mendatang, sejak tahun 2004 Fabiona telah mengembangkan arah pendidikan program studi Biologi menjadi 3 konsentrasi studi, yaitu: (1) Biologi Konservasi dan Lingkungan, (2) Biologi Industri, dan (3) Biomedik.

Pembentukan konsentrasi studi ini diharapkan akan menciptakan lulusan yang lebih profesional dalam bidangnya dengan lebih terfokusnya kurikulum, sehingga dapat lebih kompetitif dan berdayaguna bagi masyarakat dan lingkungan.

Sampai saat ini Fabiona telah meluluskan Sarjana, yang telah mengamalkan ilmunya di berbagai sektor baik di instansi pemerintah, instansi swasta, lembaga pendidikan, wirausahawan, dan lembaga swadaya masyarakat baik nasional maupun internasional.